Tips Model Desain Denah Rumah Minimalis Dua Lantai

Silahkan berbagi!

Salah satu dari varian rumah minimalis yang sekarang ini banyak diminati adalah rumah minimalis dua lantai. Desain dari rumah minimalis modern 2 lantai memang terkesan nyaman untuk ditempati apalagi bagi keluarga kecil.

Hal ini karena ukuran dari luas lahannya yang cukup luas. Dengan dibangun 2 lantai maka pemiliknya dapat dengan leluasa membuat desain rumah dan penataan ruangan yang sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, jika dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas, maka penataannya perlu diperhatikan dengan baik supaya rumah tidak terkesan bertambah sempit padahal sudah dibangun 2 lantai.

Begitu juga dengan luas lahan yang luas. Sebenarnya menata ruangannya juga perlu memperhatikan beberapa hal dan perlu memiliki adanya konsep agar tidak berantakan penataan ruangannya.

desain-rumah-minimalis-dua-lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Namun untuk membuat desain rumah minimalis 2 lantai agar terkesan rapi dan juga nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tips pertama yaitu membuat denahnya terlebih dahulu.

Terkadang tidak sedikit ada orang yang menyepelekan mengenai pentingnya membuat denah terlebih dahulu sebelum membangun. Karena orang beranggapan bahwa denah tidaklah terlalu penting. Sehingga kebanyakan orang mendesain rumah saat sudah melakukan proses pembangunan. Hal ini dapat menimbulkan kesalahan dalam membangun dan tidak terkecuali penataan ruangan dan ukurannya.

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

Yang perlu dimengerti adalah denah adalah suatu langkah awal yang sangat penting sekali peranannya. Dengan dari denah, maka si pemilik dapat memutuskan bagian penting apa saja untuk sebuah rumahnya. Jika membuat denah rumah dengan baik, maka hasilnya juga lebih maksimal.

Setelah membuat denah rumah minimalis 2 lantai, tips yang kedua adalah memastikan bahwa denah yang telah dibuat tersebut memberikan rasa kenyamanan untuk para anggota keluarga lainnya. Dengan kata lain, anggota keluarga nyaman dengan desain yang telah dibuat tadi. Perlu adanya komunikasi dan konsultasi dengan para anggota keluarga lainnya.

Jika ada salah satu anggota keluarga yang kurang menyukai dengan desainnya, maka dapat mengganti dengan desain rumah yang lainnya. Untuk membuat suatu rumah memang memerlukan adanya unsur kenyamanan.

Rumah Minimalis Lantai Dua

Selanjutnya tips yang ketiga adalah membuat desain interior serta eksterior rumah minimalis lantai dua yang sesuai dengan ukurannya. Kedua bagian dari rumah minimalis tersebut memilik peranan yang penting. Karena apabila salah satu dari kedua bagian tersebut dibuat dengan tidak maksimal, maka kesan minimalis dan cantik tidak akan didapat.

Kesan utama dari rumah minimalis adalah tampak dari eksteriornya. Sedangkan kenyamanan dalam menempati rumah minimalis adalah pada bagian desain interiornya. Jadi keduanya memiliki keterkaitan yang saling mempengaruhi.

Jika desain dan denah telah dibuat dengan baik dan matang, selanjutnya perhitungkan lahan yang dimiliki. Dengan melakukan pengukuran yang tepat, maka rumah dapat dibangun dengan tepat pula. Perlu diperhatikan juga jika terdapat lahan yang miring. Karena akan mempengaruhi terhadap pembuatan pondasi rumah nantinya.

Atau jika perlu, bisa disiasati dengan menambahkan lahan di atas lahan yang miring jika ingin membuat rumah yang tanahnya datar. Atau bisa juga dengan dibuatkan tangga menurun sedikit untuk lahan yang menurun tersebut. Sehingga denah rumah di bagian interiornya tidak biasa dari pada umumnya.

Model Rumah Minimalis Dua Lantai

Penataan ruangan di dalam rumah juga perlu diperhatikan setelah dilakukan pengukuran lahan. Hal ini supaya skala ukuran untuk ruangan utama dan lainnya bisa pas agar dapat difungsikan dengan baik. Penempatannya juga perlu diperhatikan supaya tidak adanya lahan yang sia-sia karena salah dalam penempatan ruangan.

Budget juga menjadi pertimbangan utama dalam membangun model rumah minimalis dua lantai. Jangan sampai anggaran yang diperlukan untuk membangun rumah melebihi dari budget yang dimiliki. Jika mengalami kesulitan untuk mengatur anggaran, bisa berkonsultasi dengan arsitek.

Dan yang terakhir adalah prioritaskan pembangunan bagian rumah yang dianggap penting untuk dibangun terlebih dulu. Sebaiknya untuk urusan taman maupun pagar hendaknya dibuat setelah bangunan rumah selesai.

Sehingga dengan begitu bagian rumah tidak terbengkalai begitu saja karena rumah adalah hal yang penting. Demikian beberapa tips untuk membuat rumah minimalis 2 lantai. Semoga tips-tips tadi dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares