Model Desain Pagar Minimalis Dari Batu Alam Rumah Minimalis

Silahkan berbagi!

Pagar rumah merupakan salah satu bagian yang juga penting supaya rumah menjadi aman. Dan sekarang ini bentuk atau model pagar semakin banyak dan terus berkembang seiring dengan perkembangan dari model rumah.

Seperti misalnya pagar rumah minimalis batu alam pada rumah minimalis. Selain pagar berfungsi untuk keamanan rumah, pagar dari batu alam juga memberikan keindahan untuk eksterior rumah. Jadi tidak hanya perlu mementingkan pemilihan jenis bahannya saja namun juga desainnya.

Model Pagar Batu Alam Minimalis

Dengan adanya pagar batu alam, memberikan aksen natural pada rumah. Sehingga rumah tidak hanya terkesan modern saja tetapi juga kesan naturalnya ada. Pagar juga dibuat untuk membatasi antara bagian area dalam rumah dengan bagian luar area rumah.

Dengan adanya rumah minimalis maka kehadiran pagar minimalis juga perlu. Jika dahulu pagar menjadi hal yang kurang penting atau kurang mendapatkan perhatian, namun sekarang ini pagar menjadi pusat perhatian pula terutama untuk penataan eksterior rumah.

desain-model-pagar-batu-alam-minimalis

Image courtesy of Gualberto107 / FreeDigitalPhotos.net

Alasan lainnya selain karena keamanan, pagar dibuat dengan model yang berbeda supaya memberikan kesan yang indah dan menawan saat pertama kali dilihat. Terlebih, letak pagar yang berada di depan sendiri. Sehingga pagar juga mewakili dari desain rumah itu sendiri. Sekarang ini ada banyak sekali model pagar dan salah satunya yang sedang banyak diminati adalah model pagar batu alam minimalis.

Pagar Batu Alam Minimalis

Meskipun keberadaan pagar batu alam minimalis memiliki fungsional sebagai keamanan rumah, namun jika dilihat dalam desainnya tidaklah hanya sebagai keamanan saja. Karena desain yang unik dan juga menarik ini mampu menarik perhatian. Dengan kesan alami yang ditimbulkan dari pagar batu alam ini membuat rumah minimalis menjadi terkesan asri dan nyaman.

Selain itu batu alam memiliki kualitas yang sangat baik dan kuat untuk melindungi rumah dari bahaya seperti karat dan lumut yang mudah sekali tumbuh terlebih jika pada cuaca-cuaca tertentu. Lumut yang ada karena pengaruh dari curah hujan yang tinggi sehingga timbul lembab pada pagar rumah. Namun jika menggunakan batu alam untuk pagar rumah, maka pagar yang terkena lembab tersebut bisa dihindari.

Pagar Minimalis Batu Alam

Selain tidak mudah terkena lumut dan karat, pagar minimalis batu alam juga mudah dalam perawatannya. Akan tetapi ada juga beberapa yang tidak menggunakan batu alam untuk bahan pagarnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan konsep untuk rumah tidak sesuai. Dengan konsep rumah minimalis maka pagar batu alam tidak akan sesuai.

Sehingga orang lebih memilih model pagar yang sederhana saja. Akan tetapi ada pula yang berkesimpulan bahwa menggunakan batu alam untuk pagar harganya mahal. Padahal harga batu alam sendiri tidak terlalu mahal jika dilihat dari sisi indahnya dan juga ketahanannya terhadap cuaca.

Batu alam sendiri ada beberapa macam jenisnya begitu juga dengan harganya. Harga batu alam berdasarkan pada jenis dan juga ukurannya. Dan biasanya batu alam dijual dalam ukuran cm per potong. Kisaran harganya antara 50 ribu hingga 120 ribuan per potongnya.

Dan jika masih tergolong mahal, hal ini bisa disiasati dengan mengkombinasikan batu alam dengan tembok, kayu, atau besi. Dengan perpaduan ini tentunya pagar akan terlihat lebih menarik lagi. Batu alam memilik corak yang banyak macamnya.

Desain Pagar Rumah dari Batu Alam

Pilihan corak tersebut dapat disesuaikan dengan desain rumah Anda dan juga selera anda masing-masing. Pilihlah batu alam yang berpori-pori kecil seperti misalnya andesit. Tujuannya supaya pagar tetap terlihat bersih, tidak mudah terkena jamur dan juga berlumut.

Pagar batu alam perlu dirawat dan di coating secara berkala agar pagar tetap terlihat cantik. Desain pagar rumah dari batu alam yang disusun sedemikian rupa menampakkan kesan yang cantik dan juga elegan.

Beberapa jenis batu lainnya yang sering digunakan untuk membuat pagar antara lain batu candesit, batu templek Purwakarta, batu hijau Sukabumi, batu marmer, dan batu palimanan. Semua jenis batu alam tersebut dapat dibuat untuk pagar rumah yang menimbulkan kesan kokoh dan juga indah.

Karena sekarang kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam, memakai pagar rumah minimalis batu alam menjadi solusi yang tepat untuk menunjang keindahan dari desain rumah. Batu alam memberikan kesan yang sejuk dan asri terutama untuk rumah yang dibangun di daerah yang panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares