Membuat Kamar Studio Murah Sendiri

Gunakan 3 Cara Ini untuk Meredam Suara di Kamar Studio

Memiliki ruang karaoke, bioskop mini, atau kamar studio khusus bermain musik merupakan ide yang asyik agar anggota keluarga makin betah berada di rumah. Supaya tidak terdapat noise di dalam ruangan dan juga tidak mengusik tetangga, maka yang harus dilakukan adalah membuatnya kedap suara.

Saat ini sudah cukup banyak toko-toko yang khusus menjual alat peredam bising dalam kamar studio. Tapi jika ingin membuatnya sendiri, berikut beberapa tips dan cara untuk meredam suara di kamar studio :

Buat Lapisan Peredam Dinding

Pada dasarnya konsep peredam suara adalah menambahkan lapisan-lapisan pada dinding ruangan yang mampu menyerap suara sehingga terjadi bising. Beberapa lapisan yang kerap digunakan untuk kamar studio kedap suara adalah kardus wadah telur, busa telur, papan gipsum, busa biasa, dan karpet gulungan.
Untuk pengaplikasiannya tidak hanya asal tempel, melainkan ada beberapa tahap, sebagai berikut :

– Bersihkan dinding yang akan ditempeli dan pastikan dinding tersebut kering. Jika dinding tersebut lembab, maka bahan peredam bisa ikut basah sehingga fungsi redam bising menjadi tidak maksimal.

– Tempelkan sekat berbahan kayu, kaso, atau aluminum pada seluruh dinding ruangan.

– Tempelkan busa telur, busa biasa, atau kardus telur sebagai lapisan pertama pada sekat yang sudah terpasang.

– Tutup seluruh lapisan pertama tersebut dengan papan gipsum.

– Lapisi permukaan papan gipsum dengan karpet gulungan hingga tertutup rata.  Lalu sebagai finishing tutup karpet gulungan dengan karpet lagi

– Buat Lapisan Peredam Atap dan Lantai

Lantai dan atap kamar studio dapat dibuat kedap dengan cara yang kurang lebih sama dengan dinding. Cara yang paling sering digunakan adalah menambahkan satu hingga dua lapisan drywall pada atap. Sementara untuk lantai, gunakan matras peredam lalu lapisi seluruh ruangan dengan karpet sesuai selera.

Cara Mudah Lainnya
Jika kamar studio diperuntukkan untuk kegiatan yang tidak terlalu bising seperti bermain band, ada beberapa cara praktis untuk menahan suara tetap berada di dalam ruangan. Sebagai berikut :

– Door sweep

kamar studio 1

atau bantalan karet berbentuk seperti sapu ini diperuntukkan untuk menutup celah di bawah pintu. Cara memasangnya adalah dengan dipaku. Jika celah antara lantai dan bagian bawah pintu terlalu lebar, gunakan selembar kayu di bagian bawah pintu terlebih dulu sebelum memaku door sweep.

– Gunakan rak

kamar studio 2

buku dan tempatkan menempel dengan dinding kamar studio tersebut. Dengan begitu, dinding akan menjadi lebih tebal dan noise yang dihasilkan ke luar ruangan lebih sedikit. Selain buku, rak juga bisa diisi dengan kolek film. Sebagai catatan, rak tersebut harus terisi penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *