Desain Bentuk Atap Teras dan Rumah Minimalis Modern 1 Lantai

Ada beberapa macam desain atap rumah minimalis yang dapat dijumpai saat ini. Atap menjadi salah satu bagian penting dari sebuah bangunan rumah karena melindungi rumah dari sengatan matahari dan guyuran hujan. Selain itu, atap berpengaruh pada gaya dan tampilan rumah.

Model atap yang bermacam-macam akan memberikan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jenis atap miring masih menjadi pilihan untuk sebagian orang. Namun, seiring perkembangan zaman, banyak model atap yang saat ini digunakan. Tidak hanya miring, model atap datar juga semakin banyak dipakai orang.

Desain Atap Teras Rumah Minimalis

Berbicara mengenai atap, desain atap teras rumah minimalis menjadi begitu penting karena mampu memberikan tambahan estetika bangunan. Teras merupakan bagian terdepan dari rumah yang akan dilihat oleh orang. Oleh karena itu, desain atap teras yang indah akan menambah estetika bangunan. Semakin simpel model bangunannya akan semakin indah dan elegan.

Untuk membuat atap teras bisa menggunakan cor beton agar rumah terlihat lebih simpel. Penggunaan cor beton tidak membutuhkan genting sebagai komponennya, dan hal tersebut juga akan menambah awet teras rumah. Meskipun demikian, dapat juga digunakan genting pada teras rumah. Penggunaan genting akan membuat kesan yang alami pada rumah.

desain-bentuk-atap-rumah-minimalis-modern-1lantai

Desain Bentuk Atap Rumah Minimalis

Untuk desain bentuk atap rumah minimalis, banyak macam yang biasa digunakan. Yang sering digunakan adalah bentuk sederhana seperti limas atau segiempat. Atap rumah yang terbuat dari plafon menjadi favorit rumah minimalis.

Atap plafon berfungsi untuk meredam suara air hujan. Selain meredam suara air hujan, plafon juga berfungsi untuk meredam hawa panas yang terkumpul di atap rumah. Untuk bahannya, dapat disesuaikan dengan desain bangunan rumah. Beberapa jenis atap rumah terbuat dari tanah liat, baja ringan, atau asbes. Biasanya, atap rumah yang terbuat dari tanah liat tidak terlalu mahal dan awet.

Atap rumah tanah liat juga tidak panas, berbeda dengan atap rumah yang terbuat dari seng atau baja ringan. Atap rumah yang terbuat dari asbes memiliki beragam variasi, seperti corak dan warnanya. Akan tetapi, atap rumah asbes biasanya menyimpan panas matahari dan membuat rumah menjadi gerah.

Desain Atap Rumah Minimalis Modern

Bentuk atap rumah minimalis semakin berkembang saat ini. Sesuai dengan rumah minimalis bergaya modern yang semakin diminati, desain atap rumah minimalis modern juga semakin berkembang. Mulai dari model desain atap pelana, atap perisai, atap datar, sampai sandar. Model desain atap pelana terbilang sangat sederhana karena merupakan desain yang sering digunakan pada semua bangunan.

Bidang pada atap terdiri dari 2 sisi yang kemudian bertemu di garis pertemuan atau yang biasa disebut bubungan. Desain atap ini memiliki tingkat kemiringan 35 derajat dan hal ini membuatnya sangat efektif untuk menyerap radiasi dan juga panas sinar matahari serta dapat langsung mengalirkan air hujan ke bawah. Model atap perisai merupakan pengembangan dari desain atap pelana.

Atap ini berupa bidang yang miring di semua sisinya serta terbentuk dari 2 bidang segitiga dan 2 bidang trapesium. Atap ini memiliki sudut antara 30-40 derajat pada bagian atap perisainya. Keunggulan model ini adalah hampir semua bagian dinding luar bisa terlindungi dari terik matahari dan guyuran hujan deras serta dapat mengurangi risiko kerusakan dari struktur bangunan atap karena bentuknya yang agak miring membuat arah angin dibelokkan ke atas.

Model desain atap datar sangat sederhana. Selain itu, karena bentuknya yang datar air tidak bisa mengalir ke bawah sehingga berpotensi menyebabkan genangan yang dapat memicu kebocoran. Terakhir, model desain atap sandar yang biasanya digunakan pada bagian bangunan tambahan seperti emperan atau selaras. Model desain ini juga sudah digunakan untuk rumah bergaya modern.

Desain Atap Rumah Minimalis 1 Lantai

Rumah minimalis dengan 1 lantai juga sedang digemari saat ini. Oleh karena itu, ada baiknya dibahas mengenai desain atap rumah minimalis 1 lantai. Desain atap yang digunakan pada rumah minimalis 1 lantai tidak berbeda dari desain atap yang biasa digunakan pada rumah minimalis. Karena rumah ini hanya berlantai 1, kesederhanaan model atapnya benar-benar harus diperhatikan.

Atap sebagai salah satu bentuk bagian eksterior rumah yang penting harus mendapat perhatian khusus pada pembuatannya karena mempengaruhi estetika bangunan. Selain itu, atap memiliki fungsi tersendiri bagi rumah.

Dalam membangun desain atap rumah minimalis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya bentuknya, tetapi juga kondisi cuaca karena konstruksi atap rumah minimalis dipengaruhi oleh cuaca, instalasi atap, dan ketebalan atap.

Comments
  1. Ali oncom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *